-->

Molekul karbohidrat

Rabu, 24 Februari 2016

Molekul karbohidrat | Didalam bahasan pelajaran biologi ada dikenal suatu molekul yang disebut dengan Molekul karbohidrat, tahukah sobat belajar biologi bahwa  Molekul ini mengandung atom karbon, hidrogen dan oksigen. Contoh karbohidrat adalah merupakan glukosa. Glukosa ini merupakan sumber energi atau bahan bakar terpenting bagi organisme hidup. Glukosa ini juga merupakan monomer atau unit/satuan penyusun polimer karbohidrat seperti pati dan selulosa. Pati yang merupakan polimer dari glukosa, ada 2 jenis yaitu amilosa dan amilopektin. Pati tidak dapat larut dalam air jadi dapat dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan glukosa. Tumbuhan yang kelebihan glukosa akan merubahnya menjadi pati sebagai makanan cadangan. Pati banyak terkandung dalam kentang, padi, jagung dan gandum. Seperti halnya dengan pati, selulosa adalah suatu polisakarida dengan glukosa sebagai monomernya. Tetapi bentuk ikatan antarglukosanya berbeda dengan ikatan antar glukosa pada pati. Ikatan antarglukosa pada selulosa sedemikian rupa menghasilkan suatu molekul yang panjang, lurus, kaku dan rapat, sehingga selulosa berbentuk rangkaian serat yang panjang dan kaku, suatu bahan baku yang sempurna sebagai penyusun dinding sel tumbuhan.

Definisi Karbohidrat
Secara umum definisi karbohidrat merupakan senyawa organik yang mengandung atom Karbon, Hidrogen dan Oksigen, dan secara umum unsur Hidrogen clan oksigen dalam komposisi menghasilkan H2O. Didalam tubuh karbohidrat bisa dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat didapatkan dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

3 subtipe karbohidrat
  • Monosakarida adalah gula sederhana yang terdiri dari 3-7 karbon, dan mereka dapat eksis sebagai rantai linear atau sebagai molekul berbentuk cincin. Glukosa, galaktosa, dan fruktosa adalah isomer monosakarida, yang berarti mereka semua mempunyai rumus kimia yang sama tetapi berbeda secara struktural dan kimia.
  • Disakarida terbentuk ketika dua monosakarida mengalami reaksi dehidrasi; mereka yang dilaksanakan bersama oleh ikatan kovalen.
  • Sukrosa (gula meja) adalah disakarida yang sangat umum, yang terdiri dari monomer glukosa dan fruktosa.
  • Polisakarida adalah rantai panjang monosakarida yang dihubungkan oleh ikatan glikosidik; rantai dapat bercabang atau tidak bercabang dan dapat berisi berbagai jenis monosakarida.

0 Comments