-->

STRUKTUR HEWAN

Kamis, 10 April 2014
     Tubuh organisme, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia, tersusun atas sel. Sel merup akan unit terkecil penyusun tubuh yang dapat melakukan aktivitas hidup dan memperbanyak din. Sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama disebut jaringan. Sekelompok jaringan yang bekerja bersama-sama melaksanakan fungsi tertentu disebut organ. Jaringan dan organ-organ bekerja bersama-sama melaksanak an fungsi tertentu yang dikenal sebagai sistem organ, misalnya sistem pencernaan, sistem transportasi, sistem reproduksj. Jaringan, organ dan sistem organ bersama-sama membentuk tubuh organisme.

      Macam jaringan, organ dan sistem organ pada setiap organisme tidak selalu sama, tergant ung pada tingkatan organisme itu. Padá organisme tingkat rendah seperti protozoa, tubuhnya hanya terdiri dan satu sel. Jadi, protozoa tidak memiliki janingan, organ dan sistem organ. Semakin tinggi tingkatan organisme itu, semakin kompleks struktur penyusun tubuhnya. Tubuh organisme tingkat tinggi tersusun atas brbagai macam jaringan, organ dan sistem organ. .
    
     Meskipun struktur tubuh organisme berbeda-beda, semuanya berasal dan sel. Tubuh organisme tingkat tinggi misalnya, mula-mula berasal dan satu sel zigot. Sel zigot membelah secara mitosis berkali-kali membentuk banyak sel. Sel-sel itu mengalami diferensiasi dan spes ialisasi membentuk jaringan, organ, dan sistem organ. Difenensiasi adalah proses perubahan bentuk sel. Spesialisasj adalah proses perubahan fungsi sel. Melalui diferensiasi dan spesialisasi akan tersusun tubuh organisme. 
0 Comments