-->

Epitelium Berlapis

Kamis, 10 April 2014
     
Epitelium berlapis tersusun atas beberapa lapis sel. Epitelium berlapis berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya. Lapisan sel paling dasar disebut sebagai lapisan sel basal. Di atasnya terdapat beberapa lapis sel permukaan bebas yang berbentuk pipih, kubus, batang, atau bentuk lain yang disebut epitelium transisional. Epitelium berlapis diberi nama sesuai bentuk lapisan permukaan bebasnya.

1). Epitelium pipih berlapis terdapat pada permukaan kulit, rongga mulut, dan esofagus. Biasanya epitelium .ini mudah mengelupas. Fungsinya untuk melindungi jaringan di bawahnya. 

2). Epitelium kubus berlapis terdapat pada saluran kelenjar keringat dan folikel ovarium yang sedang berkembang. .

 3). Epitelium batang (silindris) berlapis terdapat pada permukaan dalam saluran trakea. Sel-sel pada bagian permukaan mempunyai silia yang berf ungsi untuk mengenali debu atau zat yang masuk ke paru-paru. Jika udara pernapasan mengandung debu dan kemudian debu tersebut melekat pada permukaan epitelium bersiliaini, kita akan bat uk. 

4). Epitelium transisional sulit ditentukan bentuknya, karena bentuk sel-sel permukaan bebasnya ada yang pipih, kubus atau batang. Epitelium mi terdapat pada kandung kemih dan ureter.


Macam jaringan epitelium
• berdasarkan Ietak: epidermis endotelium, mesotelium.
• berdasarkan bentuk sel: epitelium pipih, kubus, dan batang
• berdasarkan jumlah lapisan: sederhana, berIapis
• berdasarkan struktur dan fungsi: epitelium penutup, epitelium kelenjar

    Epitelium berdasarkan struktur dan fungsi 
  Berdasarkan struktur dan fungsinya jaringan epitelium dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan epitelium penutup dan jaringan epitelium kelenjar. 

     a. Jaringan epitelium penutup
 Jaringan epitelium penutup berperan melapisi permukaan tubuh dan jaringan lainnya. Jaringan mi terdapat di permukaan tubuh, permukaan organ tubuh, melapisi rongga, atau merupakan lapisan di sebelah dalam dan saluran yang ada pada tubuh, misalnya dinding sebelah dalam saluran pencernaan dan pembuluh darah. 

b. Jaringan epitelium kelenjar 
Jaringan epitelium kelenjar tersusun oleh sel-sel khusus yang mampu menghasilkan sekret atau getah cair. Getah cair mi berbeda dengan darah dan cairan antarsel. Berdasarkan cara kelenjar mensekresikan cairannya, kelenjar dibedakan menjadi dua yaitu kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin. 



0 Comments